VIRTUAL MACHINE "sistem operasi



VIRTUAL MACHINE

 

Kelompok :

Ahmad wahyudi                (15101526)
Yuliana alvi rohmah         (15101334)
Pande Komang                   (14101776)
Pande Winda                      (15101752)
Asia Kaka                             (11101417)



STMIK STIKOM INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA

PENGERTIAN VIRTUAL MACHINE

Virtual Machine atau biasa disebut VM adalah sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi darisuatu mesin asli seperti yang diungkapkan oleh Gerard J. POpek dan Robert P. Goldberg padatahun 1974.Virtual Machine merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan suatu perangkat komputer secara virtual dan tidak perlu menambah hardware apapun, cukup dengan simulasi saja. Vm akan membuat kumpulan perangkat virtual mulai dari BIOS, Harddisk, memory, dan lain-lain sehingga bisa menjalankan berbagai OS dari sana. Namun OS harus dijadikan disc “virtual” (ISO) terlebih ahulu supaya bisa diinstal di VM, jadi Virtual Machine adalah sebuah perangkat virtual yang akan memvirtualisasi hardware secara lengkap seperti system aslinya.
Dalam virtual machine mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest OS. Host OS adalahsistem operasi dimana virtual machine diinstal sedangkan Guest OS adalah system operasi yang diinstal pada virtual machine.

CARA KERJA VIRTUAL MACHINE
Dasar logika dari konssep mesin virtual atau virtual machine adalah dengan menggunakan pendekatan lapisan-lapisan (layers) dari system computer. System computer dibangun atas lapisan-lapisan. Urutan lapisannya mulai dari lapisan terendah sampai lapisan teratas adalah sebagai berikut
1.      Perangkat keras
2.      Kernel
3.      System program
Kernel, yang berada pada lapisan kedua, menggunakan instruksi perangkat keras untuk menciptakan seperangakat system call yang dapat digunakan oleh komponen-komponen pada level system program. System program kemudian dapat menggunakan system call dan perangkat keras seolah-olah pada level yang sama. Meski system program berada di level tertinggi, namun program aplikasi bisa melihat segala sesuatu dibawahnya (pada tingkatan) seakan-akan mereka adalah bagian dari mesin.pendekatan dengan lapisan –lapisan inilah yang kemudian menjadi kesimpulan logis pada konsep mesin virtual atau virtual machine.
Konsep dasar dari mesin virtual ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan terlapis, hanya saja konsep ini memberikan sedikit tambahan berupa antarmuka




FUNGSI-FUNGSI VIRTUAL MACHINE
1.      Mencoba system operasi
Dengan virtual machine bisa bebas mencoba berbagai jenis system operasi, seperti windows, linux, dan lainnya. Misalnya ingin memcoba system operasi baru seperti windows 8.1 updete 2 atau Ubuntu 14, daan jika tidak suka tinggal hapus saja. Dengan virtual machine kita seperti memiliki pc dual boot, sayangnta virtual machine tidak seringan dual boot tapi dngan dukungan spek pc yang lumayan bisa membuat kinerja virtual machine juga stabil dan lancer.
2.      Uji coba software
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya bisa mencoba berbagai software-software trial di virtual machine, sering juga mencoba beragam software yang dirasa membahayakan computer utama. Dan bisa juga digunakan untuk uji coba software di system operasi berbeda.
3.      Menjalankan software/game jadul
Banyak software dan game lama yang todak kompatibel dengan system operasi terbaru, solusinya bisa menggunakan virtual machine ini, misalnya seperti software dan game yang hanya bisa berjalan di windows XP.

FITUR-FITUR VIRTUAL MACHINE
            Dalam beberapa jenis mesin virtual ada bebrapa jenis aplikasi yang telah ada pada masing-masing kategori virtual machine seperti :
A.      Mesin Virtual Proses
1.      Java Virtual Machine(JVM)
Program java yang telah dikompilasi adalah platform-neutral bytecodes yang dieksekusi oleh java virtual machine (JVM). JVM sendiri terdiri dari :
Class loader, class verification, runtime interpreter, just In-Time (JIT) untuk meningkatkan kinerja kompilator. Bahasa mesin terdiri dari sekumpulan instruksi yang sangat sederhana dan dapat dijalankan secara langsung oleh CPU dari suatu computer. Sebuah program yang dibuat dengan bahasa tingkat tinggi tidak dapat dijalankan secara langsung pada computer, namun harus di translasikan kedalam bahasa mesin agar bisa dijalankan. Proses trnslasi dilakukan sebuah program yang disebut compiler.
       Setelah proses translasi selesai, program bahasa mesin tersebut dapat dijalan, tetapi hanya dapat dijalankan pada satu kompter. Hal ini disebabkan oleh setiap jenis computer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda. Alternatif lain untuk mengkompilasi program bahasa tingkat tinggi selain menggunakan compiler, yaitu menggunakan interpreter.
       Perbedaan antara compiler dan interpreter adalah compiler mentranslasi program secara keseluruhan sekaligus, sedangkan interpreter menstranlasi program secara instruksi per instruksi. Java dibuat dengan mengkombinasikan antara compiler dan interpreter.
       Program yang dtulis dengan java di-compiler menjadi bahasa mesin. Tetapi bahasa mesin untuk computer tersebut tidak benar-benar ada. Oleh karena itu disebut “Virtual”
Computer yang dikenal dengan Java Virtual Machine (JVM). Bahasa mesin untuk JVM disebut Java Bytecode. Salah satu keunggulan dari java adalah dapat digunakan atau dijalankan pada semua jenis computer. Untuk menjalankan program java, komputer membutuhkan sebuah interpreter untuk java byteode.
2.       NET Framework
NET Framework merupakan suatu komponen windows yang terintegrasi yang dibuat dengan tujuan pengembangan berbagai macam aplikasi serta menjalanka aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi XML, WEB, Services. Keuntungan dari menggunakan NET Framework yaitu  mudah, esfisien, konsisten, dan produktivitas
B.      Mesin Virtual Sistem
1.      IBM Virtual Machine (VM)
Istilah Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkan system operasi mainframenya pada tahun 1965-an. Di perkenalkan untuk system S/370 dan S/390 dan disebut sebagai system operasi VM/ESA (Enterprise System Architecture). Sehingga sering menimbilkan kebingungan antara penamaan produk atau penamaan mekanisme.
2.      VMware
Pada GNU/Linux salah satu virtual machine yang terkenal adalah VMware memungkinkan beberapa system operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggalsecara bersamaan. Dan tanpa melakukan partiwi ulang atau boot ulang.
3.      Xen VMM
Xen adalah open source virtual machine monitor, dikembang di University of Cambridge. Dibuat dengan tujuan untuk menjalankan sampai dengan seratus sistem operasi ber-fitur penuh (full featured OSs) di hanya satu komputer. Virtualisasi Xen menggunakan teknologi paravirtualisasi menyediakan isolasi yang aman, pengatur sumberdaya, garansi untuk quality-of-service dan live migration untuk sebuah mesin virtual.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer