Insatalasi Linux Ubuntu 16.04 "SISTEM OPERASI"




Insatalasi Linux Ubuntu 16.04 



Pertama siapkan sebuah flashdisk yang akan dijadikan sebagai media penginstalan. Untuk kapasitas flashdisknya minimal menggunakan 2GB. Selanjutnya kita akan membuat USB bootable flashdisk ubuntu 16.04. Langkah selanjutnya adalah merestart komputer kemudian masuk pada pengaturan BIOS komputer. Untuk masuk kepengaturan BIOS ini biasanya kamu akan diminta untuk menekan sebuah tombol, dan tombol yang ditekan ini akan berbeda-beda setiap vendor komputer atau laptop. Untuk komputer biasanya menekan DEL dan untuk laptop biasanya menekan F2. Jangan panik dan jangan khawatir, karena akan ada petunjuknya disuruh menekan tombol apa untuk masuk kepengaturan BIOS.
Setelah berhasil masuk kepengaturan BIOS, selanjutnya arahkan pada menu BOOT. Atur posisi booting dengan menempatkan flashdisk berada paling atas


 











Save configuration and exit yes

Selanjutnya Tunggu proses loading penginstalan dan Selanjutnya pilih bahasa yang akan digunakan selama penginstalan nantinya. Disini kami menggunakan bahasa English (default) agar lebih bisa dimengerti. Selanjutnya klik Install Ubuntu atau Try Ubuntu.


 
Kemudian  klik Continue










Centang pada bagian Install third-party software for graphics dan Wi-Fi hardware, Flash, MP3     and other media. Setelah itu klik Continue.

 
Centang pada bagian Install Ubuntu alongside windows 10. Setelah itu klik install now












 Berikan ceklis pada Something else. Selanjutnya klik Continue.
Selanjutnya kita akan membuat sebuah partisi baru pada harddisk. Klik New Partition Table. Kita mempunyai harddisk dengan kapasitas 500GB yang nantinya akan dibagi menjadi 2 partisi. Partisi pertama untuk tempat penyimpanan file-file system dan partisi yang kedua untuk menyimpan data-data pribadi. Untuk membuat sebuah partisi klik tanda plus (tambah).
 


Tentukan kapasitas pada partisi ini (terserah sesuai keinginan). Lalu pilih Primary, kemudian pilih Beginning of this space. Pada kotak Use as pilih Swap area. Bagi saya partisi swap area ini merupakan partisi yang penting (wajib). Swap area merupakan sebuah partisi yang nantinya akan menjadi Memory Virtual dengan menggunakan harddisk sebagai medianya. Ukuran partisi swap area ini biasanya 2 kali lipat dari ukuran RAM komputer anda. Misalkan RAM kamputer kamu ukuran 4GB, kalau kamu ingin membuat Memori Virtual (SWAP) seperti ukuran RAM komputer kamu, maka ukuran SWAP-nya akan menjadi 8GB. Lalu klik OK.


 


Pada kotak Use as pilih Ext4 journaling file system.
lalu pada kotat Mount point pilih /.
Kemudian klik OK.
Klik Continue.











Untuk zona waktu pilih (Makasar, Indonesia), lalu klik Continue.

 
Selanjutnya pilih bahasa inputan keyboard. Kami menggunakan English (US).

 
Selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisikan data untuk user secara lengkap (lihat pada gambar di bawah). Isikan dengan data yang benar dan gampang diingat passwordnya. Setelah selesai klik Continue.

Proses penginstalan dan penyalinan data sistem operasi dimulai. Tunggu proses ini sampai selesai. Biasanya waktu yang dibutuhkan pada tahap ini sekitar 10-30 menit.


Setelah proses penginstalan selesai, maka akan ada perintah seperti pada tampilan di bawah. Klik Continue Testing atau Restart Now.

Setelah komputer direstart, selanjutnya isikan password sesuai dengan password yang telah anda buat tadi.

Proses penginstalan pun telah selesai. Di bawah ini merupakan Home Page dari sistem operasi ubuntu 16.04.
 

Komentar

Postingan Populer