Soal dan Jawaban UTS Sistem Informasi Manajemen (SIM)

1. Sebutkan Kriteria informasi berkualitas?
·         Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap hal ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berbeda-beda dan apabila hasil pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama, maka dianggap data tersebut akurat.
·         Tepat waktu, artinya informasi itu harus tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan, tidak besok atau tidak beberapa jam lagi.
·         Relevan, artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Kalau kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan bagian yang ada dalam organisasi tersebut.
·         Lengkap, artinya informasi harus diberikan secara lengkap. 

2 2. Apa yang diketahui tentang system informasi Manajemen (SIM)? Serta mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen?
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN : Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dlm suatu sistem ( terintegrasi ) dengan maksud memberikan informasi ( yang bersifat intern dan ekstern ) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena sistem informasi berperan dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi. 

33.  jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem? serta berikan contoh dari setiap model!
Jawab : Ciri-ciri sistem :
1)      Memiliki tujuan sistem, yaitu target atau sasaran akhir yang ingin  dicapai oleh suatu sistem.
2)      Memiliki batas sistem, yaitu garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya.
3)      Terdiri dari subsistem, yaitu komponen atau bagian dari suatu sistem, berupa phisik ataupun abstrak.
4)      Hubungan sistem vertikal dan horizontal
5)      Input, merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem. Output, adalah hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem.
6)      Lingkungan internal dan eksternal, berpengaruh sangat kuat terhadap sistem, tetapi sebaliknya suatu sistem sedikit sekali berkemampuan untuk merubah lingkungan.
Model-model sistem :
·         Model phisik, penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi.
·         Model naratif, penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita.
·         Model grafik, penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol, garis, atau bentuk lainnya.
·         Model matematika, penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.

  4. Komponen apa saja yang diperlukan dalam SIM?
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional :
·         Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
·         Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem ini merupaka sistem yang memiliki fungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan laporan yang bersifat periodik kepada para pengambil keputusan,sehingga para pengambil keputusan memiliki bahan-bahan atau informasi-informasi yang di perlukan untuk mengambil keputusan dengan benar. 
·         Sistem Database
Database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.  
·         Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
·         Manajemen Data
Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data:
1.  Data Akurat
2.  Up to Date (Mutakhir)
3.  Aman
4.  Tersedia bagi pemakai (user)
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik : 
·         Perangkat keras:
Perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware memiliki komponen pokok yaitu :
o   Input
o   Pemrosesan (CPU)
o   Penyimpanan
o   Output
·         Perangkat lunak
Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.  
·         DataBase
Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah. 
·         Prosedur pengoperasian
Prosedur merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dlm bentuk fisik seperti buku panduan & instruksi. 
·         Personalia pengoperasian
1. Operator
2. Programmer
3. Analisa sistem
4. Personalia penyiapan data
5. Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.


55. Jelaskan bagaimana hubungan SIM dan fungsi manajemen!
Hubungan sesuai dengan sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpaddu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktifitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari semua sistem informasi,yaitu menerima data sebagai masukan, kemudian pemrosesannya dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur-unsur data, pemuktahiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluaran. Serta fungsi manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Komentar

Postingan Populer